PENELITIAN TINDAKAN KELAS MENGGUNAKAN STRATEGI

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi fungsi invers dengan menggunakan strategi REACT di kelas XI G SMAN 6 Kota Bekasi. Subjek penelitian sebanyak 40 siswa dengan 17 siswa putra dan 23 siswa putri. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan 1 guru matematika XI G sebagai kolaborator serta 1 guru matematika di SMAN 6 Kota Bekasi sebagai observer. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada pelaksanaannya penelitian ini menerapkan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). Penelitian tindakan kelas di kelas XI G menunjukkan peningkatan, terlihat dari rata-rata nilai dari 58 sampai 86,84 pada siklus II serta peningkatan presentase siswa yang lulus KKM mulai dari 28,95% sampai 91,11% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi REACT mampu meningkatkan hasil belajar matematika pada materi fungsi invers siswa di kelas XI G SMAN 6 Kota Bekasi.


Klik Artikel Penilitian untuk mengetahui Informasi : 

Artikel Penelitian

Administrator | 02 Ferbruary 2023 | Dibaca : 602